FKIS Jalin Kerjasama Dengan Kampus Ternama Brunei Darussalam

Bertempat di Hall Kanseleri Utama kampus Universiti Islam Sultan Sharif Ali, Gadong, Brunei Darussalam, pada 10 September 2019 berlangsung sebuah momen bersejarah bagi Fakultas Keislaman Universitas TrunojoyoMadura (UTM). Saat itu tepat diselenggarakannya pertemuan silaturrahmi serta penjajakan kerjasama akademik antara pihak Fkis UTM dan Universiti Islam Sultan Sharif Ali (Unissa) Brunei Darussalam. Kedua belah pihak sepakat dan berkomitmen bersama untuk merangkai hubungan serta membuka gerbang bagi dimulainya rintisan kerjasama dalam pelabagai sektor.
Hadir dari pihak Unissa, Dr. Arman bin haji Asmat (Wakil Rektor), Dr. Nurdeng Deuraseh (Direktur Halalan Thayyiban Research Center), Dr. Mohammad Zaki bin Haji Zaini (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr. Tuan Haji Sammali (Kepala Bidang Kerjasama) serta sejumlah dosen dan staf rektorat. Sementara kafilah dari Fakultas Keislaman diwakili oleh Ibu Shofiyun Nahidloh, S.Ag, M.HI (dekan), Lailatul Qadariyah, SEI, M.EI (wakil dekan I) serta Bapak Mohamad Ali Hisyam, Ph.D (wakil dekan II).
Upaya dan inisiasi kerjasama yang dibahas pada pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban tersebut dirumuskan dalam beragam bentuk seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, kerjasama penelitian di bidang riset halal, penelitian dan seminar internasional bersama, penulisan jurnal ilmiah, partisipasi event ilmiah antarbangsa dan lain-lain.
Dalam sambutannya, Dr. Arman Bin Haji Asmat mengatakan bahwa Unissa telah menjalin hubungan kerjasama dengan sejumlah kampus dari berbagai belahan dunia, khususnya di wilayah Melayu (Asia Tenggara). Menurutnya, yang terpenting dari sebuah hubungan bukanlah hanya sekedar formalitas dan seremoni belaka dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding), akan tetapi harus diwujudkan dalam tindak nyata kerjasama secara praktis.
Sementara Ibu Shofiyun berharap kunjungan tim Fkis dapat menjadi awal dari dijalinnya hubungan antara kedua belah pihak secara intens ke depan. Baik Unissa maupun Fkis UTM sama-sama saling membutuhkan untuk melebarkan lingkup kerjasamanya secara lebih luas demi pengembangan institusi serta karir inteletual dosen dan mahasiswa.
Setelah diakhiri dengan jamuan makan dan minum petang hari, acara pertemuan dilanjutkan dengan ramah-tamah dan mengunjungi sejumlah unit-unit dan fakultas yang bernaung di bawah universitas di antaranya ke kantor penelitian Halalan Thayyiban serta Gedung Pascasarjana Unissa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *