Pelatihan Akademik Writing Program Studi Hukum Bisnis Syariah

Kamis, 31 Oktober 2019 Program Studi Hukum Bisnis Syari’ah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Academic Writing, pelatihan ini dalam rangka meningkatkan ghirah kepenulisan bagi mahasiswa prodi. Menurut Ach. Mus’if, MA selaku ketua panitia kegiatan ini diikuti oleh 140 mahasiswa semester 3, agar mahasiswa sejak tahun kedua perkuliahan sudah memiliki semanagat menulis akademik. Kegiatan yang dirangkai dengan temsa “membangun semangat menulis karya ilmiah mahasiswa” ini dibuka oleh Ibu Shofiyun Nahidloh, S.Ag, M.HI selaku Dekan Fakultas Keislaman yang juga berpesan kepada mahasiswa, bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan bagi mahasiswa di semua prodi di fakultas Keislaman, karena memang diantara kompetensi mahasiswa adalah kemampuan menuangkan ide dalam sebuah karya ilmiah.
Dalam kegiatan ini, Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc, MEI selaku pemateri menyampaikan bagaimana tahapan mahasiswa dalam menuangkan ide dan membangun semangat menulis. Kalau selama ini terlalu sering stalking Medsos, diusahakan mulai sering stalking jurnal, karena yang mempengaruhi budaya menulis adalah membaca, membaca, dan membaca, seloroh Dosen STIE PERBANAS yang telah memiliki puluhan karya ilmiah baik buku maupun jurnal ilmiah terakreditasi.
Menurut wanita alumni Universitas Al-Azhar Mesir ini, untuk menghindari terputusnya ide dalam menulis, sebaiknya sejak di awal sudah mulai menyusun kisi-kisi, baik berupa bab, sub bab, sub-sub bab dan seterusnya. Hal ini selain sudah mempunyai gambaran apa yang akan ditulis, juga dalam rangka menghindari apa yang kita tulis nantinya agar tidak keluar dari apa yang dituliskan dalam kisi-kisi penulisan akademik.
Mengakhiri kegiatan, dilakukan diskusi yang sangat antusias dari mahasiswa peserta serta berfoto bareng dengan nara sumber, kelahiran Jombang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *