Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Islam

New Picture

Salah satu upaya dalam peningkatan kerjasama antara lingkungan kampus dengan masyarakat sekitar adalah melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu program rutin (berkala) yang dilakukan oleh Universitas Trunojoyo Madura khususnya bagi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Keislaman.

Pada tahun ini, pengabdian masyarakat mengambil tema Kewirausahaan Islam yaitu “Peluang Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus”. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun potensi ekonomi masyarakat di Desa Gili Timur, Kabupaten Bangkalan, meningkatkan nilai jual cacing Lumbricus Rubellus serta mengurangi jumlah angka kenakalan remaja.
Program kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Kewirausahaan Islam “Peluang Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus”, diharapkan mampu mencapai tujuan yang telah diuraikan di atas. Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari para dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Berikut ini merupakan paparan sub materi yang disampaikan dalam penyuluhan oleh para narasumber, yaitu terdiri dari:
1. Prospek budidaya cacing Lumbricus Rubellus (Dr. Abdurrahaman, S.Ag., M.EI)
2. Media cacing Lumbricus Rubellus (Lailatul Qadariyah, S.HI., M.EI)
3. Model kandang cacing Lumbricus Rubellus (Lilis Suaibah, S.Ag., M.Pd)
4. Pakan cacing Lumbricus Rubellus (Aldila Septiana, S.Pd., M.Pd)
Alhamdulillah, kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan program rencana kegiatan yang telah dirancang yaitu pada Sabtu, 11 April 2015 di Yayasan Al-Khoiriyah, Desa Gili Timur, Kamal, Kabupaten Bangkalan yang dimulai pada pukul 08.00-11.00 WIB. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Kewirausahaan Islam “Peluang Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus” dibuka oleh Ibu Wakil Dekan Fakultas Ilmu Keislaman yaitu Ibu Shofiyun Nahidloh, S.Ag., M.HI. Kegiatan ini juga akan berlanjut secara berkesinambungan dengan berkonsultasi secara langsung di Pusat Pelatihan dan Budidaya Ternak Cacing Lumbricus Rubellus yang beralamatkan di Perumnas Jl. Nangka 5 No. 33, Kamal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *