Penjaminan Mutu

Dalam Organisasi dan Tata Kelola Fakultas Keislaman disebutkan mengenai satuan penjaminan mutu sebagaimana berikut:

Bagian Ketiga
Penjaminan Mutu
Pasal 15
(1) Penjaminan mutu meliputi penjaminan mutu fakultas, penjaminan mutu Jurusan dan program studi;
Penjaminan Mutu Fakultas
Pasal 16
1) Penjaminan mutu fakultas mempunyai tugas melaksanakan pengembangan standart mutu dan audit di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan kemahasiswaan di bawah koordinasi wakil dekan dan bertanggung jawab kepada dekan.
2) Anggota penjaminan mutu diangkat dan diberhentikan oleh dekan atas usulan ketua Jurusan.
3) Anggota penjaminan mutu diangkat dan diberhentikan oleh dekan atas usulan ketua Jurusan.
4) Anggota penjaminan mutu fakultas terdiri dari perwakilan 1 (satu) orang dosen dari masingmasing Jurusan
5) Ketua penjaminan mutu fakultas dipilih oleh anggota dan ditetapkan oleh dekan
6) Ketua penjaminan mutu bertanggung jawab kepada dekan.
7) Syarat untuk diangkat menjadi ketua penjaminan mutu fakultas sekurang-kurangnya Dosen Tetap Fakultas dan memiliki sertifikat auditor mutu internal.
8) Masa jabatan anggota penjaminan mutu fakultas adalah 4 (empat) tahunsejak ditetapkan dan dapat diangkat kembali.

Penjaminan Mutu Jurusan
Pasal 17
1) Penjaminan mutu Jurusanmempunyai tugas melaksanakan pengembangan standar mutu dan audit di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan kemahasiswaan di bawah koordinasi ketua jurusan dan penjaminan mutu fakultas serta bertanggung jawab kepada dekan.
2) Anggota penjaminan mutu jurusan diangkat dan diberhentikan oleh dekan atas usulan ketua Jurusan.
3) Hal-hal lain terkait dengan mekanisme serta tugas pokok dan fungsi akan diatur kemudian oleh masing-masing Jurusan.
4) Masa jabatan anggota penjaminan mutu Jurusan adalah 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali.

Pasal 18
Tugas penjaminan mutu adalah:
a. Menyusun program kerja, prosedur, serta baku mutu satuan penjaminan mutu sebagai pedoman kerja;
b. Merencanakan, melaksanakan, memantau serta mengevaluasi mutu melalui audit mutu internal di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan kemahasiswaan;
c. Merencanakan, melaksanakan, dan memantau kegiatan akreditasi nasional di lingkungan Fakultas;
d. Mengembangkan kerjasama bidang sistem penjaminan mutu dan audit mutu internal;
e. Memberikaninformasi untuk kepentingan fakultas dan program studi;
f. Membantu menyusun laporan evaluasi diri fakultas dan program studi;
g. Memberikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada dekan minimal 1 (satu) tahun sekali; dan
h. Tugas-tugas lain yang akan ditentukan kemudian sesuai perkembangan dan kebutuhan.

Pasal 19
Organisasi dan tata kerja satuan penjaminan mutu akan ditetapkan lebih lanjut dalam peraturan dekan.