Sejarah

Ide awal pembentukan Rumah Karakter Islami tidak dapat dilepaskan dari pembentukan Fakultas KeIslaman. Fakultas KeIslaman lahir pada tahun 2014 yang didasari oleh keinginan masyarakat Madura yang religius agar ada fakultas yang berbasis keIslaman. Disamping itu juga keinginan dari rektor Universitas Trunojoyo Madura waktu itu Prof. Dr. Arifin, M.S. yang ingin menciptakan mahasiswa UTM selain kompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi juga memiliki nilai religius dan berakhlaqul karimah. Beliau melihat Fakultas KeIslaman adalah wadah yang tepat untuk menjalankan misi tersebut.
Cikal bakal Rumah Karakter Islamidibentuk pada tahun 2015 sesuai dengan SK Dekan Fakultas KeIslaman Nomor: 002.a/UN46.1.45/SK/2015 tentang Dosen Pembina Rumah Karakter Islami. Tim dosen tersebut merupakan pelaksana dari unitRumah Karakter Islami, dimana unit tersebut ditugaskan sebagai pengejawantahan dari visi misi fakultas yang fokus pada pembentukan dan pembudayaan nilai dan karakter Islami. Tagline Tertib, Santun, Peduli menjadi filosofi yang menjadi basis dalam pembentukan karakter mahasiswa Fakultas KeIslaman.
Oleh karena itu, setelah terbentuk sebagai sebuah unit khusus fakultas maka Rumah Karakter Islami mengagendakan berbagai program yang mana pertama kali adalah pembentukan struktur organisasinya terdiri dari tiga orang. selanjutnya adalah membuat program-program yang bisa mengarahkan untuk bisa membangun karakter Islami mahasiswa Fakultas Keislaman.
Alhamdulillah setelah berjalan satu tahun sudah beberapa agenda yang telah dilaksanakan seperti: pembuatan buku panduan karakter Islami yang berjudul “Membangun Pribadi Berkarakter Islami”, pembuatan Buku Pribadi Mahasiswa, pembuatan lembar Kegiatan mahasiswa, pembuatan pigura kata-kata motivasi di RKB C, ngaji motivasi, layanan healing, ToT panitia IFO 2016 dan 2017 dll.
Mulai tahun Akademik 2017-2018, alhamdulillah Rumah Karakter Islamitelah mempunyai ruangan sendiri yang cukup representatif, sehingga bisa lebih maksimal dalam melaksankan tugas dan program-programnya. Struktur Organisasi Unit Rumah Karakter Islami ini juga sekarang telah lengkap yang bisa dilihat pada sub bagian struktur organisasi Rumah Karakter Islami.