Shariah Contract Drafting

Pada hari Sabtu tanggal 19 September 2015 mahasiswa semester V dan sebagian mahasiswa semester VII mengikuti kegiatan Pelatihan Shariah Contract Drafting. Kegiatan pelatihan Shariah Contract drafting ini mempunyai tujuan untuk memberikan pemahaman dasar-dasar kontrak syari’ah, dalam hal ini memahami kontrak-kontrak yang sesuai dengan prinsip syari’ah; memberikan pemahaman mengenai hal-hal teknis yang perlu dilakukan peserta dalam merancang kontrak syari’ah yang sesuai dengan prinsip syari’ah; dan memberikan pemahaman tentang implementasi kontrak syari’ah di perbankan serta kompetensi sarjana agar bisa menjadi seorang legal officer atau sharia compliance officer.
Materi di atas merupakan salah satu usaha untuk membekali dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dan calon sarjana Hukum Bisnis Syari’ah agar mampu bersaing di dunia kerja. Apalagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN, maka kemampuan teknis, softskill, harus banyak dilakukan.
Materi dalam kegiatan pelatihan shariah contract drafting ini disampaikan oleh 2 (dua) orang ahli yang terdiri dari seorang akademisi dan praktisi. Materi dari akademisi disampaikan oleh Dosen Fakultas Syari’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. M. Nur Yasin, M.Ag., dan dari praktisi disampaikan oleh Legal Officer Bank Muamalat Indonesia, yaitu Nurul Bayan Iswanto, SH. Materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. M. Nur Yasin, M.Ag. berkaitan tentang teori perancangan kontrak syari’ah, sementara Bapak Nurul Bayan Iswanto, SH menyampaikan materi tentang implementasi kontrak syari’ah di perbankan dan kompetensi sarjana yang bisa menjadi seorang legal officer.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *