Area VI Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Target yang ingin dicapai:

  1. Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih mudah dijangkau)
  2. Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi layanan(layanan internasional)
  3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik

Eviden untuk mencapai target tersebut adalah sebagai berikut:

No Indikator Kinerja Uraian Kegiatan Detail Kegiatan Eviden
1 Standar Pelayanan a. Terdapat kebijakan standar pelayanan Kebiajakan standar pelayanan secara tertulis klik disini
b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan Media sosialisasi/laporan kegiatan sosialisasi standar pelayanan klik disini
c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan SOP Pelayanan klik disini
d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP Laporan review standar pelayanan klik disini
2 Budaya Pelayanan Prima a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima Laporan sosialisasi/pelatihan budaya pelayanan prima (notulen, daftar hadir peserta, dan materi) klik disini
b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media Media informasi layanan (papan pengumuman, website) klik disini
c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar Kebiajakan pemberian pelayanan secara tertulis (reward dan punishment) klik disini
d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi Terdapat sarana/unit layanan terpadu klik disini
e. Terdapat inovasi pelayanan Terdapat sarana/unit layanan terpadu klik disini
3 Penilaian kepuasan terhadap pelayanan a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Terdapat sarana/unit layanan terpadu klik disini
b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka Media untuk akses hasil survey kepuasan masyarakat klik disini
c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat Laporan tindak lanjut hasil survey kepuasan masyarakat klik disini